obor relay2018Acara pengambilan api obor Asian Games 2018 dilakukan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di obyek wisata Api Abadi Mrapen, Grobogan, Rabu (18/7/2018). Sejumlah pejabat ikut hadir dalam acara pengambilan api obor Asian Games di Desa di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong tersebut. Antara lain, Wakapolri Komjen Syafruddin yang tiba bersama Menteri Puan Maharani menggunakan helikopter.

Hadir pula, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan sejumlah pejabat terkait dari Pemprov Jateng. Acara pengambilan api obor Asian Games juga dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajaran FKPD serta kepala OPD hingga camat.

Prosesi pengambilan api Mrapen dilakukan Puan Maharani dengan menggunakan tongkat kecil dan selanjutnya dinyalakan dalam sebuah tinder box berwana kuning keemasan. Tujuh putri Indonesia ikut mendampingi saat prosesi pengambilan api tersebut.

Api yang ada dalam tinder box selanjutnya diserahkan Puan pada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dari tangan Ganjar, tinder box gantian diserahkan pada legenda tenis Indonesia Yustedjo Tarik yang juga bertindak selaku Torch Ambassador.

Dari Mrapen, api obor Asian Games akan diarak menuju Kota Semarang dan berlanjut hingga ke Candi Prambanan. Api dari Mrapen selanjutnya akan dikawinkan dengan api obor Asian Games sebelumnya yang sudah didatangkan dari India.

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani menyatakan, tahun ini Indonesia mendapat kehormatan lagi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games. Sebelumnya, Indonesia pernah jadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962.

“Setelah 56 tahun, Indonesia baru jadi tuan rumah lagi. Ini merupaan sejarah yang terulang lagi. Saya berharap, penyelenggaraan Asian Games di Indonesia bisa sukes sejak awal hingga akhir,” katanya.

Ia menyatakan, momen Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang akan membawa dampak luas. Yakni, peningkatan ekonomi, potensi UMKM, dan sektor pariwisata.

“Laporan yang saya terima, selama perhelatan Asian Games nanti ada sekitar 16 ribu orang dari 45 negara yang akan hadiri. Mereka ini tentunya akan menikmati juga kuliner, souvenir dan berkunjung ke tempat-tempat wisata. Even Asian Games nanti juga akan disaksikan lebih dari 5 miliar orang dari berbagai belahan dunia,” imbuhnya.