Sekretaris Daerah (Sesda) Grobogan Moh Sumarsono secara resmi membuka Kegiatan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tingkat kabupaten, Senin (14/10/2019). Pembukaan dilangsungkan di lokasi kegiatan jumbara yang dipusatkan di lapangan Desa Jangkungharjo, Kecamatan Brati.

Kegiatan jumbara tersebut diikuti 11 PMR Mula, 31 PMR Madya, dan 28 PMR Wira. Pelaksanaan jumbara akan dilangsungkan selama empat hari, mulai hari ini hingga Kamis (17/10/2019) mendatang. Moh Sumarsono yang juga menjabat Ketua PMI Grobogan itu menegaskan, jumbara tersebut merupakan kegiatan pembentukkan karakter dan kepribadian para peserta. Oleh sebab itu, ia meminta para peserta jumbara agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan disiplin dan penuh tanggungjawab karena semuanya akan bermanfaat bagi mereka sendiri maupun orang lain.

“Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah membangun sumberdaya manusia (SDM). Kegiatan jumbara ini menjadi salah satu wadah untuk membangun SDM yang terampil dan berpengetahuan dalam bidang kepalangmerahan,” ujarnya.

Soemarsono mengatakan, PMI merupakan organisasi kemanusiaan. Selain membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, PMI juga memiliki tugas memberi pertolongan pada korban kecelakaan.

Dalam melaksanakan tugas, PMI selalu mengedepankan tujuh prinsip dasar palang merah dan bulan sabit merah. Yakni, Kemanusian, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.